Minggu, 13 Januari 2013

LDK Al-Kahfi UNIKU Menyelenggarakan Kegiatan Amal Santunan


ASANTI (Amal Santunan Anak Yatim dan Taujih Islami)

Sebagai wujud kepedulian sosial dan tanggung jawab sebagai umat muslim untuk saling mengasihi dan tolong menolong, serta mengukuhkan kebermanfaatan LDK Al-Kahfi UNIKU untuk masyarakat luas, disamping bertujuan untuk menjaga dan mengukuhkan hubungan dengan Allah SWT. LDK Al-Kahfi UNIKU mempunyai misi mulia yang dituangkan dalam sebuah kegiatan “Santunan Anak Yatim/ Piatu dan Taujih Umum Keislaman (ASANTI)” pada 12 Rabiul awal, tepatnya pada tanggal 27 Januari 2013 di Masjid Daarul Muta’alimin Universitas Kuningan (UNIKU).
Kegiatan ini didasarkan pada QS. Ad-Dhuha : 9-11:
Adapun terhadap anak yatim maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang minta-minta maka janganlah kamu menghardiknya. Dan terhadap ni’mat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)”.
Dan berdasarkan hadist:
Aku dan orang yang menyantuni anak yatim di surga nanti kelak seperti dua jari ini.”
(HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ahmad).
Agenda ASANTI ini merupakan salah satu agenda dari divisi Syi’ar dan dakwah.
Kegiatan yang bertema ‘Menjalin Ukhuwah, Menebar Berkah, Meraih Mardhotillah’ ini secara khusus bertujuan untuk Meningkatkan iman dan taqwa dengan segala cara untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT serta memupuk ukhuwah islamiyah antara sesama dalam rangka memperingati bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, meningkatkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW, menumbuhkan kesadaran diri untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah SWT dengan menyantuni anak yatim/ piatu, dan meningkatkan rasa sosialis terhadap masyarakat. Dengan bentuk kegiatan berupa; Taujih Keislaman dengan tema “Bukti Cinta Rosulullah SAW dan Keutamaan Menyantuni Anak yatim .” pemberian santunan kepada anak yatim/piatu melalui yayasan panti asuhan, dan simulasi yang diberikan panitia untuk mempererat kedekatan antara panitia dan anak-anak yatim piatu.


Kegitan ini dihadiri oleh lebih dari 50 orang yang berasal dari dua panti asuhan diantaranya para pembina panti asuhan beserta anak-anak panti asuhan. Dua panti asuhan yang diundang adalah Rumah Yatim YAMDU (Pasapen Kuningan) dan Yayasan Amal Mulya (Awirarangan Kuningan).




Semoga dengan adanya kegiatan ini, akan lebih mempererat tali silatutahim antara LDK Al-Kahfi UNIKU dengan masyarakat, dan dapat bermanfaat bagi sesama, terutama bagi mereka yang membutuhkan. Insya Allah, semoga kedepannya LDK Al-Kahfi UNIKU dapat mengundang lebih dari 50 orang anak-anak yatim untuk bersama-sama berbagi dan mengikat hati bersama mereka.

Jazakumullah khoiron katsiir kepada para donatur yang telah membantu kaegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.




Oleh: Maya Nurmayanti (Div. Syi’ar dan Dakwah)

1 komentar:

 

Blogger news