Selasa, 05 Agustus 2014

SAFARI RAMADHAN

Diantara agenda rutin tahunan LDK Al-Kahfi UNIKU adalah safari ramadhan. Safari ramadhan diselenggarakan sebagai jalan bagi kami untuk dapat menjalin silaturahim dengan masyarakat langsung dan saling berbagi pengetahuan di bidang keagamaan. Selain itu pula, safari ramadhan mengajak masyarakat terutama para generasi muda untuk berpartisipasi dan mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan yang positif.
 “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S. An-Nahl: 125)

Safari ramadhan telah dilaksanakan di beberapa desa kab. Kuningan, diantaranya Desa Cikaso, Sukamulya, Sindangagung, dan Cigugur. sasaran kegiatan kami ini adalah para anak-anak dari tingkat SD, SMP, SMA, atau sederajat. Durasi waktu yang kami gunakan sekitar 3-7 hari berturut-turut, tetapi selama ini kami hanya melaksanakannya hanya 3 hari saja dengan berbagai pertimbangan dan persiapan panitia. Panitia merupakan kami sebagai penyelenggara dan bekerjasama dengan pengurus remaja masjid di desa tersebut, atau dengan pihak-pihak yang dapat diajak bekerjasama seperti pengurus madrasah, tempat pendidikan Al-qur’an (TPA), dan sebagainya. Kegiatan dikemas seperti halnya SANLAT (pesantren kilat) yang dilaksanakan indoor dan outdoor, dimulai dari ba’da duhur sampai sekitar jam 5 sore hari (Perihal waktu disesuaikan kondisi peserta dimana pagi hari mereka masih masuk sekolah).




Dalam agenda safari ramadhan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan diantaranya mentoring kelompok yang dibagi berdasarkan tingkatan sekolah dengan pengurus LDK sebagai tutor. Kegiatan mentoring kelompok kita isi dengan kegiatan baca qur’an, tahsin, tahfidz, dan materi khusus disesuaikan dengan tingkatan. Berbagai games dilaksanakan secara indoor dan outdoor untuk menambah semangat para peserta. Sebagai hiburan kami pun mengundang tim nasyeed untuk ikut memeriahkan acara safari ramadhan. 






Ada juga tausiah islami secara terpusat yang disampaikan oleh pemateri yang kita undang.


Di hari terakhir kegiatan safari ramadhan kami menyelenggarakan berbagai perlombaan kreasi seni islami. Peserta lomba adalah per kelompok mentoring, dan penampilan yang ditunjukkan diantaranya ada yang menampilkan drama, puisi islami, nasyeed, sholawat, dan sebagainya. Kreasi seni islami dipersiapkan tiap kelompok dari hari pertama yang dibimbing oleh tutor kelompok masing-masing.





Tidak lupa kami melaksanakan buka puasa bersama. Tentunya di setiap tahun dengan waktu, tempat, dan orang-orang yang berbeda yang kami jumpai, itu menambah pengalaman kami dalam berbaur dengan masyarakat. Semoga seterusnya kegiatan safari ramadhan ini dapat dilaksanakan dan dikembangkan dengan berbagai inovasi dan kreatifitas, sehingga bisa dirasakan manfaatnya bagi pengurus LDK sendiri dan masyarakat. Jika memungkinkan, kegiatan ini bisa bekerjasama dengan pihak-pihak terkait di desa, sehingga panitia bisa melibatkan langsung masyarakat tua dan muda untuk ikut serta dalam kegiatan. Tentunya, segala hal harus dipersiapkan secara matang agar tujuan kegiatan tercapai.




0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news